Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Sirkuit Sentul Karting, Arena Balap Motor Oneprix Putaran 3

Balapan Oneprix Putaran 3 Sirkuit Sentul Karting
Sumber :

100kpj – Bogor mendapat kehormatan untuk menggelar Kejuraan Nasional Oneprix Motoprix Championship 2019. Untuk putaran ke-3 adu balap motor bebek kasta pertama ini digelar di Sirkut Sentul Karting and Motorcycle, Kabupaten Bogor.

Sirkuit yang diresmikan pada 1994 itu berada sekitar 500 meter dari Sirkuit Sentul. Arena balap ini lebih dikenal dengan sebutan Sentul Kecil.

Alasannya karena berukuran kecil dan awalnya dipakai untuk gokart. Namun, dalam perkembangannya sekarang juga dipakai untuk balap motor terutama jenis motor bebek dan matic.

Panjang lintasannya adlaah 1200 meter, dengan lebar 7-10 meter. Biasanya balapan digelar sebanyak 18-25 lap, untuk sekali putaran hanya dibutuhkan waktu di bawah 1 menit saja.

Pembalap Astra Motor Racing Team, Afridza Syach


Untuk jumlah tikungan ada 14, ini lebih banyak 1 tikungan dari arena putaran 1 dan 2 Oneprix di Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya. Maka itu, bagi tim balap menilai sirkuit ini memiliki karakter yang teknikal dan cukup menyulitkan.

"Sirkuit ini memang teknikal sekali jadi antara engine dan motor, serta teknik pembalap harus memadai. Karena banyak tikungan yang membutuhkan teknik," ujar manajer tim Babarafi, Lintang, kepada 100KPJ.

Tak heran, bila sepanjang sesi kualifikasi pada Sabtu 31 Agustus 2019 banyak pembalap yang crash. PT Oneprix Motorsport Managemen (OMM) selaku penyelanggara Oneprix pun membeberkan alasan dipilihnya sirkut ini.

"Kami memilih Sirkuit Sentul International Karting dan Motorcycles, Kabupaten Bogor karena sirkuit ini mengeluarkan kemampuan tehnik para pembalap dan kualitas aspalnya yang sekelas kejuaraan F1, kalau di Sirkuit Bukit Peusar, Kabupaten Tasikmalaya itu lebih menuntut daya kekuatan para pembalap," kata Direktu PT OMM, Imam Sulistio.

Pembalap Astra Motor Racing Team, Herjun AF


Semantara itu, sirkuit juga memiliki fasilitas cukup memadai. Mulai dari parkiran yang luas, dan juga tribun permanen untuk para penonton.

Bahkan, ada 10 CCTV yang dipasang di beberapa titik sirkuit guna memantau jalannya balapan. Pantauan video bisa dilihat langsung di ruang kontrol, dengan lensa kamera yang jangkauannya cukup luas.

Bagi Anda yang ingin hadir ke Sirkut Sentul Karting, untuk menyaksikan balap Oneprix pada Minggu 1 September 2019 hanya membayar tiket seharga Rp20 ribu. Atau jika tidak, bisa saksikan siaran langsung di tvOne pukul 13.00 WIB.
Berita Terkait
hitlog-analytic