Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pantas Saja Pindad Pilih Hilux Dijadikan Mobil Perang Ketimbang Innova

Kendaraan Rantis buatan Pindad bernama Maung
Sumber :

100kpj – Demi meningkatkan industri alutsista lokal, PT Pindad sebagai manufaktur militer Indonesia baru saja menciptakan mobil perang. Produk terbaru yang diberi nama Maung itu sudah dicoba langsung Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, mengatakan, Maung adalah kendaraan taktis yang dikembangkan sejak satu tahun lalu. Sejumlah teknologi telah disesuaikan yang diadopsi dari kendaraan Infanteri TNI Angkatan Darat.

Namun, Abraham tak menampik jika mesin serta sasis yang bersarang di dalam Maung ternyata milik Toyota Hilux. Mobil yang dilahirkan sebagai double cabin, dan single cabin tersebut kerap digunakan untuk mengangkut barang.

Kemampuannya di medan off road, dimanfaatkan para pengusaha untuk mengangkut hasil tambang mereka, atau kelapa sawit di beberapa daerah. Urusan jantung pacu, Hilux dibekali mesin diesel 2.494cc berpenggerak empat roda atau 4x4.

Mesin peminum solar tersebut berkode 2GD-FTV empat silinder 16 valve DOHC, berkat dukungan turbo tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 149,6 daya kuda di 3.400 rpm, dan torsi puncak 400,1 Newton meter di 1.600-2.000 rpm.

Usut punya usut, mesin diesel tersebut juga serupa dengan milik Kijang Innova. Namun, karena terlahir sebagai mobil penumpang, ada sejumlah penyesuaian. Volume silindernya lebih kecil, sehingga kapasitas murni mesin Innova hanya 2.393cc.

Berita Terkait
hitlog-analytic