Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Selain Alat Perang, Diam-diam Pindad Bikin Mobil Listrik dan Motor Listrik di Bandung

Morino EV Pindad, Maung versi listrik

100kpj – PT Pindad (Persero) bukan hanya menyediakan alutsista, atau alat perang untuk militer Indonesia, namun perusahaan milik negara itu diam-diam sudah menciptakan mobil listrik, dan motor listrik sejak 2023.

Sebelum kendaraan listrik, Pindad mempopularkan mobil taktis bernama Maung yang dibuat di Bandung, Jawa Barat. Mobil gagah penggerak 4x4 itu beberapa kali dipakai Prabowo Subianto, dan Presiden Jokowi.

Morino Moto EV

Setelah Maung, perusahaan pelat merah itu mengembangkan EV (Electric Vehicle). Pertama adalah Morino Moto EV yang sempat digunakan dalam ajang EV Fun Trip di kawasan Bandung, Jawa Barat, pada Juni 2023.

Motor listrik bergaya petualang tersebut diklaim memiliki TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 80 persen, dan suda terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual kategori Desain Industri dari Kementerian Hukum dan HAM, sejak Februari 2022.

Dalam bentuk konsepnya Moto EV sempat dipamerkan, dan diuji coba di Sirkuit Mandalika, pada 19-21 November 2021 oleh pemerintah. Meski sudah diproduksi massal, namun tidak ada informasi lengkap cara pembelian motor listrik tersebut.

Morino Moto EV dibekali baterai 72 volt 50 Ampere hour yang diklaim bisa jalan sejauh 100 km namun dengan kecepatan 40 km per jam, dan waktu pengisiannya 3-4 jam. Dinamonya berdaya 5 kilowatt atau setara 6,7 dk dengan kecepatan maksimal 80 km per jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic