Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mesin Diesel Fortuner, Innova, Land Cruiser Tersandung Skandal, Begini Nasibnya di RI

Toyota Fortuner dan Land Cruiser Baru.
Sumber :

100kpj – Toyota kembali terlibat skandal setelah kasus uji tabrak bersama Daihatsu. Kecurangan terbaru yang ditemukan adalah hasil tenaga dari mesin diesel buatan Toyota yang dijual di dunia tidak sesuai saat produksi massal. 

“Selama pengujian sertifikasi, kinerja keluaran horse power mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal,” tulis keterangan resmi Toyota.

Baca juga: Sebanyak Ini Ekspor Toyota Fortuner Buatan RI yang Terlibat Skandal Mesin Diesel

Efeknya pergantian otak di mobil peminum solar tersebut hasilnya lebih halus dengan varian yang lebih sedikit. Tercatat ada 10 model kendaraan yang menggunakan ketiga mesin diesel tersebut secara global.

Ketiga mesin diesel yang bermasalah itu adalah 1 GD, 2 GD, dan F33A, diantaranya bersarang pada Toyota Land Cruiser Prado, HiAce, Dyna, Hilux, Fortuner, Kijang Innova, Land Cruiser 300, hingga Lexus LX500d.

Dari semua model tersebut, hanya Fortuner bermesin 1 GD FTV yang dibuat di Indonesia melalui pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Sedangkan Kijang Innova Reborn yang bermasalah besutan India.

Artinya Innova diesel itu bukan untuk pasar Indonesia, karena saat masih dijual pun MPV itu diproduksi lokal, berbeda dengan Fortuner yang diproduksi di dalam negeri untuk pasar domestik, sekaligus ekspor. 

Berita Terkait
hitlog-analytic