Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebanyak Ini Ekspor Toyota Fortuner Buatan RI yang Terlibat Skandal Mesin Diesel

Toyota Fortuner Baru
Sumber :

100kpj – Ada 3 mesin diesel buatan Toyota yang terlibat skandal proses sertifikasi, atau homologasi hasil tenaga di atas kertas. Salah satunya adalah mesin diesel 1 GD pada Fortuner buatan RI.

Toyota Fortuner yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu bukan hanya dijual untuk pasar domestik, melainkan di ekspor ke sejumlah negara, seperti Timur Tengah, dan Asia.

Baca juga: Skandal Mesin Diesel Fortuner Buatan Indonesia, TMMIN Stop Ekspor ke Negara Ini

Namun setelah pengumuman resmi mesin diesel tersebut terlibat skandal, atau manipulasi maka untuk sementara penjualannya ke luar negeri dalam bentuk utuh, alias CBU (Completely Built Up) di setop.

“Jadi Cuma Timur Tengah saja hold, yang negara lain masih tetap berjalan,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam kepada 100kpj, Rabu 31 Januari 2024.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada sejumlah negara di Timur Tengah yang menjadi tujuan ekspor Fortuner dalam bentuk CBU dengan mesin diesel.

Sepanjang 2023 negara di Timur Tengah yang sudah membeli Fortuner bermesin 1 GD tersebut ada Kuwait sebanyak 442 unit, Oman 280 unit, Qatar 107 unit namun hanya berjalan 7 bulan karena sejak Agustus sampai Desember tidak ada pengiriman unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic