Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Skandal Mesin Diesel Fortuner Buatan Indonesia, TMMIN Stop Ekspor ke Negara Ini

Ekspor mobil Toyota di Indonesia
Sumber :

100kpj – Toyota Fortuner buatan PT Toyota Indonesia Motor Manufacturing (TMMIN) tersandung skandal, lantaran mesin diesel berkode 1 GD yang tersemat pada SUV tersebut hasil tenaganya dimanipulasi saat homologasi.

Saat proses sertifikasi ECU (Electronic Control Unit) diganti dengan perangkat lunak lain agar tenaga yang dihasilkan lebih besar, kecurangan itu terungkap melalui komite investigasi Toyota Industries Corporation (TICO).

Baca juga: Toyota Tersandung Skandal Manipulasi Uji Mesin Diesel Ada Fortuner Buatan Indonesia

Bukan hanya mesin diesel berkode itu saja, namun ada 2 GD dan F33A terlibat dalam skandal tersebut, seperti yang diumumkan Toyota Motor Coporation (TMC), Jepang.  

“Penyelidikan menemukan kejanggalan terjadi selama pengujian output horsepower (tenaga yang keluar) untuk sertifikasi tiga model mesin diesel untuk mobil yang ditugaskan Toyota ke TICO,” tulis keterangan Toyota Global.

Salah satunya adalah mesin 1 GD yang diproduksi TMMIN sejak Mei 2020, disematkan pada Fortuner generasi terbaru edisi facelift. Memiliki 4 silinder DOHC yang dilengkapi VNT (Variabel Nozzle Turbocharger) intercooler.

Mesin diesel berkapasitas 2.755cc itu memiliki piston dengan diameter 92 mili meter, dan stroke atau langkahnya 103,6 mm. Mengandalkan sistem pengabutan injeksi yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 203,9 PS di 3.000-4.000 rpm, dan torsi 499,1 Nm di 1.600-2.800 rpm.

Berita Terkait
hitlog-analytic