Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Uji Fitur Keamanan Penantang Toyota Innova, Dijatuhkan dari Ketinggian

Kia Carnival
Sumber :

100kpjToyota Innova masih menjadi penguasa di kelas mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) menengah di pasar otomotif Indonesia, makanya enggak heran jika pabrikan lain gerah dan berupaya untuk melengserkan kekuasaan Innova, tentunya dengan kualitas yang mumpuni.

Seperti yang dilakukan oleh KIA yang tetap berusaha agar produknya bisa membuat Toyota Innova gerah. Apalagi pabrikan mobil asal Korea Selatan ini, tidak hanya menawarkan teknologi dan fitur yang modern, tapi juga fitur keamanan yang juga berkualitas.

Nah, salah satu cara untuk mengetahui kualitas produk ketika dipakai berkendara, serta kerja dari semua fitur keamanan yang disematkan pada mobil adalah dengan cara uji tabrak yang kini umum dilakukan pada kendaraan keluaran baru.

uji tabrak kia carnival

Biasanya uji tabrak dilakukan dengan posisi horizontal. Mobil diatur untuk melaju dalam kecepatan tertentu, dan dibiarkan menabrak dinding atau benda padat lainnya. Setelah itu, bisa dicari tahu kerusakan yang terjadi serta dampaknya untuk pengemudi maupun penumpang di kabin.

Namun, ada cara pengujian yang tak biasa dilakukan oleh Kia untuk produk Carnival, atau ada juga yang menyebutnya Sedona. Mobil tersebut diuji tabrak secara vertikal, yakni digantung di ketinggian 12,6 meter dengan sudut 90 derajat, lalu dibiarkan terjun bebas.

Melansir dari Indianautosblog yang telah diberitakan oleh Viva, Minggu 28 Juni 2020, sebelum dibiarkan meluncur bebas, Kia Carnival ditarik kendaraan derek dan diposisikan menempel pada dinding vertikal. Lalu, mobil dilepas dan melaju dalam kecepatan 56 kilometer per jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic