Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Raize Meluncur di RI Pakai Mesin 3 Silinder, Diragukan Getar?

Toyota Raize

100kpj – Setiap kendaraan roda empat memiliki beragam pilihan mesin, dengan jumlah piston yang lebih banyak dibandingkan sepeda motor. Umumnya, jantung pacu mobil mengadopsi tiga silinder, empat silinder, hingga 12 silinder.

Performa, dan efisiensi disesuaikan dengan kebutuhan mobil tersebut. Dari sekian banyak jenis mesin dan teknologi yang ditawarkan, sebagian masih meragukan ruang bakar dengan jumlah tiga piston karena getarannya.

Baca juga: Spesifikasi dan Daftar Harga Toyota Raize di RI, Lebih Mahal dari Rush

Toyota Raize

Sehingga pabrikan mobil berlomba-lomba membenahi hal tersebut. Seperti yang dilakukan Ford dengan menanamkan flywheel dan puli di bagian depan, untuk meredam getaran akibat tidak seimbangnya timing silinder saat bekerja.

Kemudian BMW dan General Motors mengakalinya dengan shaft penyeimbang, sehingga crankshat mampu meredam getaran mesin tiga silinder. Lantas gimana dengan Toyota Raize yang baru resmi diluncurkan di Indonesia?

PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis Toyota Raize, Jumat 30 April 2021. Mobil berjenis SUV kompak itu ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni 1.000cc turbo, dan 1.200cc non turbo yang mengandalkan tiga piston. 

Berita Terkait
hitlog-analytic