Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beli Jet Tempur Dihadang Amerika, Rusia Tetap Dukung Indonesia

Sukhoi Su-35
Sumber :

100kpj – Dalam perjalanan sejarah, sebagai upaya mempertahakan wilayah kedaulatannya yang dilakukan Indonesia sering melibatkan kedua negara yaitu Amerika Serikat dan Rusia. Buktinya ada banyak kendaraan tempur baik darat, laut maupun udara yang pernah diandalkan oleh Indonesia.

Akhir-akhir ini kedua negara tersebut berebut untuk menggaet Indonesia agar membeli pesawat tempurnya, ketika Indonesia berniat akan memilih Sukhoi sebagai pesawat tempur untuk mempertahakan kedaulatan negara di udara, Amerika tidak tinggal diam.

Pasalnya Indonesia akan dikenai sanksi ekonomi dari Amerika Serikat, melalui aturan tertulis di Countering America's Adversaries Through Sanctions Act, yang memungkinkan Indonesia akan membatalkan rencana pembelian 11 unit Suhoi SU-35.

Sukhoi SU-35

Namun sepertinya Rusia pun tidak tinggal diam, seperti yang dilansir dari Zvezda, Kamis 11 Juni 2020 bahwa Rosoboronexport yang merupakan sebuah lembaga yang bertanggung jawab dalam ekspor SU-35, menegaskan bahwa pihaknya mampu memenuhi pesanan Indonesia.

Rusia juga menyinggung Amerika yang melarang penjualan SU-35 ke Indonesia sebagai 'kompetisi yang tidak sehat dan adil', makanya Rusia juga siap memenuhi segala kebutuhan persenjataan Indonesia apapun bentuknya. "Pihak kami yakin ini adalah pilihan paling baik (Su-35) untuk meningkatkan daya tempur angkatan udara Indonesia " tulis Rosoboronexport seperti dikutip dari Zvezda.

Pesawat Sukhoi SU-35 memboyong mesin 117S yang dikembangkan NPO Saturn Research and Production Association dengan mode dorong mesin hingga 14.500 kgf. SU-35 mempunyai sistem kontrol terpadu baru yang dikembangkan MNPK Avionika Moscow-based Research and Production Association. 

Berita Terkait
hitlog-analytic