Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Baterai Kendaraan Listrik Untuk Amerika Serikat

Presiden Jokowi resmikan Maung Pindad
Sumber :

100kpj - Baterai yang digunakan pada kendaraan listrik terbuat dari beberapa bahan dasar, diantaranya logam lithium, grafit, nikel, metal, kobalt. Indonesia menjadi salah satu negara yang punya bahan baku tersebut.

Cadangan nikel di Indonesia menjadi yang terbesar di dunia, tidak heran jika pemerintah melarang impor bahan tersebut, karena berambisi menjadi pemasok utama baterai kendaraan listrik secara global.

Baterai buatan Toyota Indonesia

Melalui Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT Asean ke-43 yang telah berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023, pemerintah kembali menawarkan kerjasama dengan sejumlah negara untuk percepatan ekosistem kendaraan listrik.

Ada sejumlah proyek yang sudah ditanda tangani dari hasil pertemuan para delegasi negara di KTT Asean, diantaranya kesepakatan kolaborasi dengan Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea untuk ekosistem kendaraan listrik.

Bukan hanya itu, Presiden Jokowi menawarkan langsung kepada Amerika Serikat, untuk memasok kebutuhan baterai kendaraan listrik, saat sesi pertemuannya dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris di sela-sela acara KTT Asean di Jakarta Convention Center, Senayan.

Melalui kebijakan Inflation Reduction Act (IRA), Jokowi menyampaikan harapannya agar dapat memfasilitasi peluang untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak khususnya bagi negara mitra Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) guna memanfaatkan subisidi hijau untuk mineral kritis.

Berita Terkait
hitlog-analytic