Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Mulai Produksi Mobil Hidrogen, Siap Dijual Tahun Ini

Honda CR-V FCEV
Sumber :

100kpj - Hidrogen menjadi salah satu energi terbarukan yang digunakan pada industri otomotif demi menuju ramah lingkungan. Beberapa pabrikan sudah mulai menjual mobil hidrogen, atau baru mulai produksi seperti halnya Honda.

Honda menggandeng General Motor (GM) untuk merealisasikan mobil hidrogen pertamanya di tahun ini. Kolaborasi kedua pabrikan asal Jepang dan Amerika Serikat itu untuk produksi unit daya hidrogen.

Pabrik Honda hidrogen

Unit daya berbahan bakar zat air tersebut diproduksi di negeri paman sam melalui FCSM, atau Fuel Cell System Manufacturing, dan diklaim lebih awet karena menggunakan bahan yang tahan korosi tinggi dan tahan di suhu rendah.

"Awal produksi ini menandai tonggak penting bagi GM dan Honda dalam upaya kami menjadikan transportasi dan kebutuhan energi lainnya netral karbon," ujar Presiden FCSM, Suhen Haq dikutip dari keterangannya, Senin 28 Januari 2024.

Honda dan GM berusaha efisien, atau menekan ongkos produksi komponen tersebut salah satunya mengurangi penggunaan logam mulia, peningkatan skala ekonomi melalui produksi besar serta standardisasi sumber pengadaan suku cadang.

Berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut, biaya sistem sel bahan berhasil dikurangi hingga sepertiga dari total biaya.

Berita Terkait
hitlog-analytic