Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kerennya Komodo, Mobil Taktis Lapis Baja Buatan Indonesia

Mobil Taktis Komodo Pindad
Sumber :

100kpj – Mobil taktis atau kendaraan yang sering kali muncul di tengah medan pertempuran, sejauh ini dikenal sebagai produk yang hanya diproduksi di Eropa dan Amerika saja. Padahal, anggapan itu keliru. Sebab, Indonesia belakangan mampu membuat unitnya sendiri.

Dilansir dari Pindad.com, Selasa 24 Desember 2019, mobil tangguh yang diberi nama Komodo itu dirancang dan dibuat di dalam negeri melalui PT Pindad. Kendaraan itu sedianya didesain khusus untuk misi pengintaian ataupun untuk mengangkut para personel melintasi medan-medan yang berat.

Komodo memiliki bobot 5,8 ton dan mampu mengangkut personel serta persenjataan hingga dua ton. Mobil ini juga mempunyai kapasitas tangki bahan bakar sebesar 200 liter dan mampu menempuh jarak sejauh 450 km.

Baca juga: Arti Nama-nama Unik Mobil di Indonesia, Mulai Kijang hingga Avanza

Kabarnya, selama proses pembuatan Komodo, Pindad terinspirasi mobil rantis buatan Amerika bernama Humvee. Model kendaraan itu menjadi salah satu varian 4x4 yang populer di kalangan bersenjata. Sehingga, untuk menandingi fitur serta kemampuannya, dibutuhkan pengembangan menyeluruh.

Berita Terkait
hitlog-analytic