Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Arti Nama-nama Unik Mobil di Indonesia, Mulai Kijang hingga Avanza

Logo Kijang
Sumber :

100kpj – Sebelum mulai dipasarkan, hasil produksi suatu pabrikan harus lebih dulu diberi nama. Biasanya, dalam prosesnya, tak bisa dilakukan asal. Sebab, baik langsung atau tidak langsung, nama memiliki peran penting dalam upaya pabrikan mendongkrak permintaan pasar.

Pentingnya pemberian nama pada suatu produk, sudah lama diadopsi produsen roda empat asal Jepang di pasar Tanah Air. Sebab, dalam pemberian nama mobil, tak jarang mereka menggunakan kosakata Indonesia atau bahasa lain yang mudah dieja oleh masyarakat di dalam negeri. Misalnya, Kijang.

Toyota Kijang Grand Extra

Pada awalnya, masyarakat Tanah Air menebak, bahwa mobil yang pertama meluncur di Indonesia pada 1975 itu memiliki arti gesit dan lincah. Sebab, hewan bernama kijang sejatinya memang memiliki karakteristik seperti itu. Namun, rupanya dugaan tersebut keliru, mengingat nama Kijang yang dipakai Toyota sebenarnya merupakan singkatan dari sebuah kalimat penting.

Baca juga: Soal Desain, Merek Motor Ini yang Terkenal Lebih Baik dari Honda

Kijang adalah kependekan dari Kerjasama Indonesia Jepang. Hal itu bahkan tertera di Museum Astra. Kabarnya, Jusuf Kalla merupakan sosok dibalik pemberian nama tersebut.

Berbeda dengan Kijang yang berasal dari akronim suatu kalimat, Avanza justru memiliki arti yang bersumber dari bahasa Italia. Avanza merupakan penyederhanaan dari kata Avanzato yang berarti peningkatan. Sedang edisi Veloz berasal dari ejaan Velocity yang berarti kecepatan. Jika digabungkan, secara sederhana menjadi peningkatan kecepatan.

Berita Terkait
hitlog-analytic