Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Dinding Jeruji Besi Lengkung di Jalan Tol

sound barrier di jalan tol.
Sumber :

100kpj –  Di beberapa ruas jalan tol kerap terlihat dinding-dinding jeruji besi lengkung di atas pembatas jalan. Hal itu bukan demi estetika saja, melainkan sebuah teknologi dinding peredam suara atau dikenal sebagai sound barrier.

Seperti dilansir 100KPJ dari situs resmi BPJT, Rabu 6 Desember 2023, sound barrier berupa dinding peredam suara untuk meminimalisir kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan yang melintas.  Selain itu suara dari gesekan ban dengan aspal sehingga menimbulkan suara cukup kencang.

Teknologi Sound barrier tidak dipasang di semua area Jalan Tol dan hanya terpasang di beberapa spot tertentu saja. Ini bertujuan untuk mengurangi suara di sekitar permukiman rumah penduduk, fasilitas pelayanan kesehatan, dan pusat kegiatan masyarakat lainnya.

Konstruksi Sound Barrier dengan tinggi mencapai 7 meter serta biasanya juga biasanya dilengkapi dengan bangunan tembok cukup tinggi. Selain itu ada bangunan sejenis pagar, dan tidak lupa sebagai pelengkap sound barrier ini bisa berasal dari alam, seperti ditanamkan pohon-pohon besar untuk mengurangi noise.

Meskipun suara kendaraan masih terdengar cukup jelas, namun dengan adanya teknologi Sound Barrier yang sudah terpasang di beberapa spot tertentu yang membuat suara lebih rendah tentunya akan membuat telinga kita lebih nyaman dalam mendengarkan.

Soal material sound barrier di jalan tol, tak cuma dinding jeruji besi saja. Ada juga yang terbuat dari beton, kemudahan konstruksi yang dapat dilakukan dengan metoda pracetak maupun cor di tempat.

Selain itu, beton menawarkan biaya konstruksi yang murah karena memerlukan ketebalan secara minimum, biaya perawatan rendah, dan daya tahan jangka panjang. Selain itu, ada juga dari alumunium, plastik, hingga batu masonry.

Berita Terkait
hitlog-analytic