Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terungkap, Zebra Cross Awalnya Tidak Memakai Warna Hitam-Putih

Zebra Cross
Sumber :

100kpj – Zebra Cross kerap ditemukan di beberapa jalan raya, guna memudahkan pejalan kaki untuk menyebrang. Biasanya, marka jalan tersebut berbentuk garis yang membujur dengan kombinasi warna hitam dan putih.

Walau sering dijumpai di jalan, namun belum banyak yang tahu sejarah zebra cross. Misalnya, mengapa harus dinamakan demikian? Lalu, apakah jika warnanya bukan hitam-putih, namanya akan berganti menjadi yang lain?

Sebenarnya, tak semua negara menyebutnya zebra cross. Sebab, di beberapa negara di kawasan Eropa lebih mengenalnya sebagai panda cross. Sebab, mamalia pemamah bambu itu juga memiliki warna bulu yang serupa dengan zebra.

Dikutip dari laman Historic England, Selasa 20 Desember 2022, garis penyebrangan jalan baru tercipta pada 1951 silam. Kala itu, kota pertama yang menggunakannya adalah Slough, Berkshire, Inggris.

Gagasan tersebut muncul dari pemerintah setempat yang melihat angka kecelakaan pejalan kaki terus meningkat setiap tahunnya. Maka itu, dibuatlah penanda yang memaksa kendaraan harus berhenti sejenak atau mengurangi kecepatan saat mau melintasinya.

Menyebrang Jalan

Menariknya, sebelum berwarna hitam-putih, garis penyebrangan jalan sempat diberi warna biru dan kuning. Namun dalam beberapa kondisi, perpaduan warna tersebut tidak terlihat jelas, sehingga diganti dengan kombinasi warna yang lebih kontras.

Berita Terkait
hitlog-analytic