Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pindad Siapkan Mobil Rantis Maung Versi Listrik untuk 2024

Mobil Pindad Maung 4x4
Sumber :

100kpj – PT Pindad tak mau ketinggalan dalam era elektrifikasi, mereka pun sedang mempersiapkan kendaraan taktik Maung dengan basis tenaga listrik. Rencananya, generasi keempat dari seri Maung itu diluncurkan 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Teknologi dan Perkembangan PT Pindad Sigit P. Santosa. "Tahun depan akan kita keluarkan versi keempat, yang ada varian electric vehicle-nya," kata dia, seperti dilansir dari Antara, Kamias 19 Januari 2023.

Sigit juga menjelaskan bahwa Pindad masih masih berusaha untuk menaikkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mobil Rantis Maung. Saat ini TKDN kendaraan militer tersebut baru mencapai 65 persen.

"Rolling chasis, trim, engine, power trim itu masih kita kerja samakan dengan impor. Yang lain sudah desain, develop, dan built by Pindad atau mitra ekosistemnya, jadi sekitar 65 persen," jelas Sigit.

Beberapa komponen akan mulai dialokasikan sebagai landasan menuju pengembangan mobil rantis Maung varian listrik. Nantinya alokasi part tersebut bakal dilakukan dalam waktu dekat, hingga mencapai TKDN 90 persen.

"Nanti engine, chasis frame akan kita lokalisasi, dan bahkan untuk menjadi spring back menuju electric vehicle, itu bisa sampai 80-90 persen (TKDN)," tambah dia.

Presiden Jokowi resmikan Maung Pindad
Berita Terkait
hitlog-analytic