Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ambisi Prabowo Ingin Indonesia Bikin Mobil dan Motor Sendiri

Mobil Pindad Maung yang disopiri Prabowo
Sumber :

100kpj – Prabowo Subianto berambisi akan membangun industri otomotif nasional yang mandiri jika terpilih sebagai presiden Republik Indonesia pada 2024. Calon presiden dengan nomor urut 2 pada Pilpres nanti, berharap Indonesia bisa memproduksi berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Keinginan Prabowo itu, tak lepas dari keberhasilan kendaraan taktis Maung yang diproduksi di PT Pindad dengan kandungan komponen dalam negeri diklaim mencapai 73 persen. Dia menilai kandungan komponen tersebut bisa mencapai 90 persen dalam beberapa tahun ke depan.

"Kita akan punya mobil buatan Indonesia sendiri. Sekarang, saya diperintah oleh Pak Jokowi, kita sudah merintis, kita sudah bikin jip buatan Indonesia sendiri," kata Prabowo dalam kampanye politik di Lebak, Banten, seperti dikutip 100KPJ dari Antara, Rabu 6 Desember 2023.

Maung Pindad serah terima Menhan Prabowo

"Sekarang, kandungannya baru 73 persen. Tetapi kalau 70 persen ke atas sudah bisa kita mengatakan ini buatan Indonesia. Tetapi dua tahun, tiga tahun lagi, ini akan menjadi 90 persen barang-barangnya akan menggunakan komponen di Indonesia," lanjutnya.

Pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju itu juga ingin Indonesia bisa memproduksi berbagai jenis dan model mobil. Lebih lanjut, ke depannya dia berharap agar Indonesia dapat merintis produksi TV, pesawat terbang, kereta api, kapal, dan sejumlah barang lainnya.

"Kita tidak mau hanya jip. Kita mau nanti mobil sedan, pikap, truk, semuanya, motor-motor harus buatan Indonesia; TV, pesawat terbang, kereta api, kapal," ucap Prabowo.

Berita Terkait
hitlog-analytic