Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bahaya! BMW dan Hyundai Jadi Sasaran Peretas

BMW Seri 7 Terbaru
Sumber :

100kpj – Dunia otomotif ternyata tak lepas juga dari incaran para hacker atau peretas. Terbaru, sekelompok peretas bernama Oceanlotus mencoba untuk mengincar data rahasia dari perusahaan otomotif BMW dan Hyundai.

Seperti dilansir dari Carscoops, kelompok peretas berusaha membobol data kedua perusahaan, yaitu Hyundai dan BMW,  sekitar Maret hingga Mei 2019.

Untuk menjalani aksi jahatnya tersebut, kelompok peretas ini memasang alat bernama Cobalt Strike. Peranti ini bertugas untuk mengumpulkan seluruh informasi rahasia yang dimiliki perusahaan.

Beruntung, aksi tersebut diketahui setelah tim keamanan BMW menyelidiki pergerakan OceanLotus dalam beberapa bulan terakhir. Sebelum akhirnya memutus akses mereka pada Desember 2019.

Alhasil, perusahaan menyatakan bahwa para peretas tidak mendapatkan informasi sensitif dan tidak bakal bisa mengakses sistem di kantor pusat BMW di Munich, Jerman.

Badan intelijen Amerika Serikat (FBI), sebelumnya juga mengungkapkan bahwa industri otomotif telah menjadi sasaran peretas mulai akhir tahun lalu.

Ilustrasi Pabrik Hyundai


"Dampak dari serangan itu mengakibatkan infeksi ransomware, dan pelanggaran data yang mengarah pada pencurian informasi ke jaringan perusahaan," bunyi pernyataan FBI.

Serangan dilancarkan ke program komputer dengan menebak nama pengguna dan kata sandi sampai mereka menemukan kombinasi yang tepat. Peretas juga telah menggunakan serangan phishing.

Di mana mereka mengirim email kepada karyawan agar mereka mengunduh perangkat lunak berbahaya. Beberapa serangan berhasil mendapatkan akses ke akun email karyawan di berbagai perusahaan otomotif dan memungkinkan mencuri informasi sensitif termasuk data yang digunakan untuk transfer ilegal.
Berita Terkait
hitlog-analytic