Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil China BAIC Siap Produksi di Indonesia Numpang Pabrik BMW atau Chery

BAIC X55 masuk Indonesia
Sumber :

100kpj – Mobil China BAIC merupakan merek pendatang baru di Indonesia. Untuk tahap awal produk yang dipasarkan adalah BAIC BF-40 Plus, dan X55-II, keduanya berstatus impor, alias CBU (Completely Built Up).

BAIC yang merupakan brand besutan Beijing Automotive Group Co., Ltd itu masuk pasar Indonesia melalui PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) yang merupakan anak usaha importir mobil mewah, JHL Group.

Baca juga: Mobil China BAIC Masuk Indonesia Bawa 2 Model SUV Siap Produksi Lokal

Meski baru berumur jagung, mobil BAIC direncanakan diproduksi lokal dengan memanfaatkan fasilitas pabrik yang sudah tersedia di Indonesia. Sehingga tidak perlu investasi besar agar berstatus CKD (Completely Knock Down).

Ada dua kandidat pabrik yang akan memproduksi, atau merakit BJ-40 Plus, dan X55-II, yaitu PT Gaya Motor di Sunter, Jakarta yang menjadi tempat perakitan BMW, atau PT Handal Indonesia Motor (HIM) tempat produksi Chery, dan Neta.

Chief Operating Officer PT JDI, Dhani Yahya mengatakan, tahap awal penjualan mobil BAIC di Indonesia masih dalam bentuk CBU, namun mulai 3-4 bulan ke depan ditargetkan sudah rakitan lokal, alias CKD.

“Kami lagi penjajakan dengan dua perusahaan, saya sebut saja kandidat assembly-nya Gaya Motor dan HIM. Kami sudah miting intens, start trial CKD dalam 3 atau 4 bulan,” ujar Dhani kepada wartawan, dikutip, Senin 1 April 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic