Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menteri Bahlil Sebut Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di RI Siap Produksi

Baterai mobil listrik Hyundai
Sumber :

100kpj - Menteri Investasi/Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), Bahlil Lahadalia bocorkan informasi terbaru terkait peresmian pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia, dan Asia Tenggara.

Pabrik baterai tersebut milik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat yang siap produksi dalam waktu dekat. Pabrik itu merupkan hasil kolaborasi Hyundai Motor Group bersama LG Energy Solution, dan Indonesia Battery Corporation (IBC).

Bahlil Lahadalia

"Untuk pabrik ekosistem baterai mobil listrik 10 Gigawatt (GW) pertama dari HLI Indonesia akan diresmikan sekitar bulan Mei," ujar Bahlil kepada wartawan, dikutip, Selasa 19 Maret 2024.

Pabrik yang menggandeng perusahaan otomotif, dan teknologi asal Korea Selatan bersama anak usaha Pertamina itu akan mempercepat ekosistem kendaraan listrik, terutama produksi baterai berbahan nikel dari hulu ke hilir, dan memasok sel baterai untuk mobil listrik Hyundai.

Lebih lanjut Bahlil menyebut, pabrik baterai itu siap beroperasi pada April 2024, atau sebulan sebelum diresmikan. Saat ini tempat pembuatan baterai kendaraan listrik itu memasuki tahap kedua dengan kapasitas 10 GW.

Sebelumnya dalam keterangan resminya, Presiden Direktur Hyundai Energy Indonesia, Chang Oug Hong mengatakan, pembangunan pabrik sistem baterai itu semakin menegaskan komitmen perusahaan dalam memimpun elektrifikasi di industri otomotif Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic