Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertalite Mulai Hilang Perlahan di SPBU Pertamina, Ini BBM Penggantinya

SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Green 95
Sumber :

100kpj – Untuk menekan tanggungan negara akan subsidi bahan bakar Pertalite, pemerintah berencana menghapus BBM dengan kandungan oktan 90 tersebut di tahun ini, dan secara perlahan hilang di SPBU.

Menurut pantauan 100kpj, SPBU di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan tidak lagi menampilkan Pertalite di papan harga depan, begitupun di Pos Pengumben, Jakarta Barat, dan Jalan Pemuda, Jakarta Timur.

SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Green 95

Meski nama Pertalite tidak ada di papan harga, tapi beberapa dispenser masih dijual, namun ada juga hanya fokus menawarkan BBM non subsidi, seperti Pertamax, Pertamax Green 95, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Artinya secara tidak langsung keberadaaan BBM bersubsidi itu mulai dihilangkan, sebelum nantinya PT Pertamina (Persero) secara resmi menghapusnya dari peredaran. Lantas apa penggantinya?

Munculnya wacana penghapusan Pertalite awalnya diungkapkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI tahun lalu.

Menurutnya, tujuan mengganti Pertalite untuk meningkatkan kadar oktan sudah sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kehutanan (KLHK), agar lebih ramah lingkungan meski statusnya subsidi.

Berita Terkait
hitlog-analytic