Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Klasik dengan Vintage itu Beda Lho, Banyak yang Gagal Paham

Mobil klasik
Sumber :

100kpj – Berbicara mobil atau sepeda motor kuno atau jadul tentu tak jauh-jauh dari kata klasik dan vintage, bahkan terkadang dengan istilah antik. Saat ini pengertian kendaraan klasik, vintage dan antik memang masih tumpang tindih.

Bahkan terkadang satu negara berbeda dengan negara yang lain. Namun yang jelas, masing-masing sebutan ini diklaim ada pembagiannya. Terutama untuk mobil atau motor klasik dengan yang berembel-embel vintage.

Dalam kesempatan ini, 100kpj mendapat kesempatan untuk menanyakan langsung pada ahlinya. Adalah Stanley Atmadja, Presiden Indonesia Classic Cars Owners Club (ICCOC) yang dalam kesempatan ini membeberkan beda mobil klasik dan vintage.

mobil klasik nan eksotis


Menurut Stanley, cara mudah untuk membedakan antara mobil klasik dengan vintage adalah berpatokan dengan Perang Dunia II. Kalau klasik seperti club yang dipimpinnya memang masuk kelas klasik karena tahun produksinya setelah Perang Dunia II. Sebagai catatan, PD II sendiri berlangsung dari 1 September 1939 hingga 2 September 1945.

"Kalau diproduksi atau keluar sebelum Perang Dunia II kita panggilnya vintage. Kalau kami klasik karena setelah PD II," kata Stanley di sela-sela preskon persiapan festival mobil klasik Concours d'Elegance yang akan dihelat 21 September nanti.

Motor antik Velocette yang tengah dilelang.


Namun pengertian berbeda diberikan beberapa sumber. Ada yang mengategorikan mobil klasik ditandai dari umur mobil yang minimal 20 tahun dan tidak lebih dari 40 tahun. Dan banyak yang mengklaim mobil antik masuk dalam kelas mobil klasik.

Lalu untuk mobil vintage ada yang mengategorikan kendaraan mobil atau motor yang diproduksi antara tahun 1919 hingga 1930. Namu ada yang membatasi hingga tahun 1925. Dan beberapa sumber mengatakan bahwa kendaraan vintage tak terlu memperhatikan desain atau spesifikasi awalnya.

Lain lagi dengna mobil antik. Mobil antik umumnya dikategorikan untuk mobil yang berusia lebih dari 45 tahun. Ada juga yang menambah dengan ketentuan kondisi mobil dan aksesorisnya masih sama dengan bawaan pabrik.
Berita Terkait
hitlog-analytic