Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda HR-V Hybrid Siap Hadir di Indonesia, Tapi..

All New Honda HR-V RS Turbo
Sumber :

100kpj - Berbagai cara dilakukan pabrikan kendaraan untuk menekan polusi udara, salah satunya mengurangi produksi mesin pembakaran untuk beralih menggunakan tenaga listrik sebagai sumber penggerak roda. Selain memanfaatkan energi listrik secara utuh, ada juga yang dikombinasikan dengan mesin pembakaran alias hybrid.

Sudah cukup banyak mobil hybrid beredar di pasar Tanah Air dengan harga beragam sesuai spesifikasi di dalamnya. Ada beberapa brand Jepang yang sudah menawarkan produk sejenis, namun ada juga yang masih bertahan dengan mesin konvensional seperti halnya Honda.

Terakhir PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai produsen menjual kendaraan hybrid pada beberapa tahun lalu melalui CR-Z. Kini tidak ada lagi produk ramah lingkungan Honda yang mengandalkan teknologi tersebut, padahal di negara asalnya pabrikan berlogo H tersebut memiliki beberapa produk hybrid.

Diantaranya All New HR-V di Jepang, dan Thailand dengan teknologi e:HEV (Hybrid Electric Vehicle). Motor listrik, atau dinamo yang ditanamkan untuk menggerakan roda memiliki sumber daya dari baterai. Baterai tersebut akan terisi secara otomatis dari mesin pembakaran berkapasitas 1.500cc ketika berkendara.

Soal sistem penggerak, mesin dan motor listrik bekerja secara bersamaan. Namun berkat mode berkendara, Electric Drive roda mobil bisa bergerak seutuhnya dengan tenaga listrik dalam kecepatan tertentu. Di pasar Thailand, motor listrik pada HR-V baru dapat menghasilkan tenaga 131 PS, dan torsi 253 Nm. Sedangkan mesin bensinnya punya tenaga 105 PS, dan torsi 127 Nm.

Sementara di Indonesia hanya mengandalkan mesin 1.500cc DOHC i-VTEC dapat menyemburkan tenaga maksimal 121 PS di 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Disalurkan melalui matik CVT, diketahui HR-V terbaru tidak lagi memiliki pilihan transmisi manual seperti generasi sebelumnya.

Khusus varian tertinggi, mobil SUV buatan Honda itu dipersenjatai mesin turbo dengan volume silinder yang serupa. Namun secara tenaga jauh lebih besar, yakni 177 PS di 6.000 rpm, dan torsi puncaknya 240 Nm di 1.700-4.500 rpm. Lantas kapan varian hybrid masuk RI?

Berita Terkait
hitlog-analytic