Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sepele Tapi Penting, Cara Bikin Wiper Mobil Tetap Awet

Wiper mobil
Sumber :

100kpj – emasuki akhir tahun 2020 ini sebagian wilayah di Indonesia belakangan ini kerap diguyur hujan, dari mulai hujan dengan intensitas rendah maupun intesitas tinggi, membuat masyarakat khususnya pengendara kendaraan harus menyiapkan perlengkapan guna menyambut musim hujan.

Bagi pengendara motor, selalu bawa jas hujan di bagasi motornya agar hujan tidak menganggu aktivitas mobilitas sehari-hari, sementara agi para pemilik mobil, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Salah satu komponen penunjang berkendara yakni penghapus kaca alias wiper. Karena memakai bahan karet, maka kondisinya bisa rusak dalam jangka waktu tertentu.

Tanda karet wiper sudah perlu diganti adalah getas, dan kaca tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. Harganya memang tidak mahal, yakni di kisaran ratusan ribu rupiah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

Agar umur wiper panjang, biasanya pemilik kendaraan akan mengangkat tangkai ketika mobil diparkir di terik matahari. Kaca yang panas dianggap bisa memperpendek umur karet.

Namun, ada hal lain yang tidak banyak diketahui orang tapi bisa membuat kinerja wiper selalu maksimal. Dilansir dari VIVA Otomotif, Senin 23 November 2020, hal yang dimaksud adalah membersihkan karet saat mencuci mobil.

Berita Terkait
hitlog-analytic