Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Musim Hujan, Ini Jenis Wiper Mobil Yang Tepat Agar Selamat di Jalan

Mitsubishi Pajero Sport, ilustrasi musim hujan
Sumber :

100kpj – Belakangan ini wilayah Indonesia, khususnya Jabodetabek diguyur hujan cukup deras. Dengan kondisi tersebut, pengendara mobil jangan sampai salah memilih jenis wiper. Sebab jika fungsinya tidak maksimal akan berbahaya.

Wiper bertugas menyeka air hujan dari kaca depan atau belakang, maka jika air tersebut tidak bersih maksimal pengelihatan pengemudi saat berkendara akan terganggu. Sehingga dapat menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

Komponen yang terbuat dari bahan karet tersebut ditawarkan dua jenis, yakni blade dan frameless. Nah, umumnya mobil harga di bawah Rp200 juta, disematkan jenis blade atau yang masih memiliki tangkai besi sebagai bingkainya.

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

Sedangkan mobil premium, menggunakan frameless yang artinya semua bagian wiper terbuat dari bahan karet, tanpa ada kerangka besi. Lantas jenis mana yang direkomendasikan pengguna mobil saat musim hujan tiba?

Kedua jenis wiper tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Model frameless karena semuanya terbuat dari bahan karet, ketika sudah tidak lentur lagi otomatis karetnya mengeras. Dan itu berdampak pada daya sekanya yang berkurang.

Bahkan jika karetnya mengeras, ketika wiper bekerja ada suara dan getaran. Sedangkan model blade meski karetnya sudah tidak lentur, daya sekanya masih lebih baik karena didukung tekanan dari bobot kerangka besinya.  

Berita Terkait
hitlog-analytic