Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Memilih Wiper Mobil, dan Tanda-tanda Harus Ganti saat Musim Hujan

Ciri-ciri wiper mobil harus ganti
Sumber :

100kpj – Musim hujan wiper menjadi komponen penting di mobil, karena bertugas menyeka air dari kaca agar pengelihatan pengendara tetap maksimal. Oleh sebab itu, kondisi wiper yang baik menentukan visibilitas.

Misalnya saat guyuran air hujan yang deras menyelimuti kaca, namun karena kondisi wiper sudah kurang baik maka pengelihatan, dan jarak pandang pengemudi terganggu, sehingga sangat berbahaya.

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

Mengingat perannya sangat penting, menjaga kondisi wiper menjadi satu keharusan yang perlu diilakukan. Menurut keterangan Toyota Auto2000, ada empat indikasi wiper perlu diganti saat musim hujan.

Pertama kerusakan terjadi pada bilah pemegang karet wiper melemah. Sehingga gagal mengikuti kontur kaca saat bekerja, dan tetap meninggalkan jejak air. 

Kedua muncul suara berisik, jika kondisinya masih bagus karetnya masih lentur, dan tidak keras, tapi seiring usianya bisa kaku dan kehilangan fleksibilitas. Biasanya, karet wiper yang sudah mengeras akan menimbulkan bunyi berdecit saat bergesekan dengan kaca. 

Ketiga jika melihat adanya garis-garis di kaca setelah wiper bekerja menyeka air, dan menimbulkan baret halus tandanya karet sudah keras, jika dibiarkan  baret akan semakin parah, dan membuat kaca mobil rusak.

Berita Terkait
hitlog-analytic