Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jika Tak Mau Rusak, Cuci Langsung 7 Komponen Ini Usai Terkena Air Hujan

Naik Motor saat Hujan.
Sumber :

100kpj –  Musim hujan masih melanda di beberapa kota, bahkan hingga menyebabkan banjir. Kondisi ini tentunya membuat repot para pengendara motor, karena bisa menyebabkan beberapa komponen rusak.

Pasalnya, motor yang tersiram air hujan, bukan hanya menjadi kotor dan kusam, tapi air hujan berpotensi cukup besar membuat motor menjadi rusak secara perlahan-lahan. Karenanya, penting melepas sisa air hujan yang menempel pada motor, dengan cara mencucinya.

Jika motor dibiarkan tetap dalam keadaan kotor setelah terkena hujan, beberapa part dari komponen motor akan segera terkena imbasnya. Komponen mana saja yang bakal cepat rusak? Ini dia :

1. Mesin

Lumpur atau pasir yang terbawa air hujan akan menempel pada setiap bagian, terutama mesin. Kotoran yang menempel di bagian mesin itulah yang akan membuat mesin kesulitan untuk melepas panas secara normal setelah bekerja. Performa motor pun jadi terpengaruh dan tidak optimal. Begitu pula jika kotoran menempel di kisi-kisi radiator. Bisa-bisa motor malah mengalami overheat.

2. Kampas Rem

Posisi kampas rem terletak dekat dengan roda. Nah, sudah pasti kampas rem akan sangat kotor setelah melewati jalanan yang diguyur hujan. Soalnya, cipratan air hujan akan membawa lumpur dan pasir menumpuk di kampas rem.

Berita Terkait
hitlog-analytic