Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Asal Pasang, Kenali Model Wiper dan Fungsinya

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

100kpj – Musim hujan telah tiba, makanya enggak heran jika curah hujan meningkat. Hal tersebut tentunya harus disikapi dengan bijak oleh para pemilik kendaraan terutama  kendaraan roda empat, agar musim hujan tidak mengurangi kenyamanan ketika mengemudi.

Hal yang harus disiapkan adalah mengecek parts-parts yang punya fungsi yang besar ketika hujan turun, seperti wiper mobil. Pasalnya wiper menjadi salah satu perangkat yang dipasang di kaca mobil. Alat ini memiliki tugas untuk menyeka air yang mengalid, ketika pengemudi menjalankan kendaraannya dalam cuaca hujan atau kondisi kaca basah lain dengan beragam penyebab.

Tak haya di kaca depan, pada beberapa mobil juga dipasang alat penyeka air di kaca belakangnya. Hal ini dilakukan oleh pabrikan, guna memastikan pengemudi mendapat daya visual yang baik.

Saat ini ada dua model wiper mobil yang umum dipakai pada produk-produk kendaraan, yakni model blade dan frameless. Keduanya memiliki desain, dan biasanya dipakai untuk segmen kendaraan yang berbeda.

Wiper mobil di angkat biar awet

Blide wiper masih terdapat kerangka besi, sebagai dudukan karet penyeka kaca. Model ini sudah lama dipakai, dan kini menjadi perangkat standar pada mobil-mobil berbanderol kurang dari Rp200 juta.

Sementara wiper frameless, karet bisa langsung dikaitkan pada tangkainya. Jenis penyeka kaca tersebut, banyak dipakai sebagai komponen standar di mobil-mobil mewah.

Berita Terkait
hitlog-analytic