Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Sering Dijemur Panas Matahari, Ini Cara Buat Wiper Tetap Awet

Ilustrasi mobil di bawah matahari, merusak wiper
Sumber :

100kpj – Wiper menjadi salah satu komponen penting untuk mobil. Sebab, meski hanya terbuat dari karet, dan batang besi, namun saat hujan sangat diperlukan untuk menyeka air dari kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap baik.

Bisa dibayangkan jika guyuran air hujan menyelimuti kaca depan, tentu pengelihatan, atau jarak pandang pengemudi tergangu, dan bisa menimbulkan kecelakaan. 

Wiper mobil

Mengingat perannya sangat penting, menjaga kondisi wiper menjadi satu keharusan yang perlu diilakukan. Lantas gimana caranya?

Sebagian pemilik kerap mengangkat wiper ketika mobil terparkir di luar ruangan. Cara itu dianggap ampuh mencegah karet wiper menajdi getas, atau rusak karena terpapar langsung sinar matahari secara langsung.

Terlebih untuk saat ini kondisi cuaca tidak menentu, di mana ada beberapa wilayah termasuk Jakarta dan Tangerang sempat terasa sangat panas. Di mana BMKG menyebut suhu tertinggi mencapai 36,1 derajat celcius.

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi sempat menjelaskan, tujuan wiper di angkat saat mobil parkir outdoor untuk meminimalisir paparan panas dari kaca yang bisa memperpendek umur karet wiper.

Berita Terkait
hitlog-analytic