Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Sepelekan saat Musim Hujan, Ini 4 Ciri Wiper Mobil Harus Ganti

Ciri-ciri wiper mobil harus ganti
Sumber :

100kpj - Wiper menjadi salah satu komponen penting untuk mobil. Sebab, meski hanya terbuat dari karet, dan batang besi, namun saat hujan sangat diperlukan untuk menyeka air dari kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap baik.

Bisa dibayangkan jika guyuran air hujan menyelimuti kaca depan, tentu pengelihatan, atau jarak pandang pengemudi tergangu, dan bisa menimbulkan kecelakaan. 

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

Mengingat perannya sangat penting, menjaga kondisi wiper menjadi satu keharusan yang perlu diilakukan. Sehingga jangan sepelekan 4 ciri-ciri wiper mengalami kerusakan, atau secara fungsi sudah tidak maksimal.

"Salah satu komponen penting di musim hujan yang kerap terlupakan adalah wiper. Begitu wiper bermasalah, AutoFamily tidak dapat mengemudi dengan aman dan nyaman. Dampak buruk lainnya adalah kaca mobil baret yang sulit dihilangkan," ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dikutip dari keterangan resminya, Senin 28 November 2022.

1. Tidak maksimal menyeka air

Wiper yang rusak tidak akan sanggup menyeka air dengan baik, terutama ketika hujan deras. Umumnya kerusakan terjadi pada bilah pemegang karet wiper melemah. Sehingga gagal mengikuti kontur kaca saat bekerja dan meninggalkan jejak air. 

Berita Terkait
hitlog-analytic