Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terlihat Sepele, Ternyata Fitur Ini Sangat Penting di Mobil Saat Hujan

Ilustrasi mobil musim hujan
Sumber :

100kpj – Belakangan ini wilayah Indonesia, khususnya Jabodetabek diguyur hujan cukup deras. Dengan kondisi tersebut, pengendara mobil perlu memaksimalkan sejumlah komponen yang betugas saat hujan turun di tengah pejalanan.

Salah satunya adalah wiper. Fungsi karet dengan tangkai besi tersebut dapat menyeka air di kaca depan, atau belakang. Maka kondisinya perlu diperhatikan, agar visibilitas atau pengelihatan ketika berkendara tidak terganggu hujan.

Mobil melintasi banjir

Selain itu ada komponen lain yang tak kalah penting, yakni defogger. Fitur yang dapat menghantarkan panas di kaca belakang tersebut berfungsi untuk mengusir embun ketika musim hujan. Namun tidak semua mobil memilikinya.

Biasanya mobil dengan harga yang terbilang terjangkau hanya dilengkapi wiper pada kaca belakang, bahkan ada juga yang dibiarkan polos tanpa wiper atau defogger. Lantas sepenting apa fitur yang berbentuk garis-garis di kaca belakang tersebut?

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, menghilangkan embun di kaca belakang memang pakai defogger bukan dengan wiper. Karena embun tidak bisa dihilangkan hanya dengan sapuan wiper.

Ilustrasi defogger mobil
Berita Terkait
hitlog-analytic