Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Tanda-tanda Wiper Mobil Anda Harus Segera Diganti

Wiper mobil
Sumber :

100kpj – Wiper mobil adalah komponen yang harus mendapatkan perhatian, karena cukup menyangkut dengan keselamatan pengemudi. Nah, ternyata wiper mobil juga seharusnya diganti secara berkala.

Saat memasuki musim hujan, wiper memegang perang yang cukup penting. Ketika mengemudi dalam situasi hujan deras dengan kecepatan 80 km/jam misalnya, satu detik saja wiper tidak berfungsi dengan baik, dapat memengaruhi pandangan pengemudi hingga 25 meter atau setara dengan 5 mobil ke depan.

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

Wiper yang tidak baik juga terlihat dari banyak meninggalkan sisa air pada kaca, sehingga mengganggu visibilitas alias jarak pandang pengemudi. Lalu kapan waktu untuk mengganti wiper?

"Untuk usia optimal pemaakain wiper normalnya satu tahun, jadi kalau anjurannya di awal-awal musim hujan hingga ketemu musim hujan lagi untuk penggantian (wiper)," kata Channel Marketing Officer Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Maria Kayla Augusta, dalam peluncuran virtual wiper Bosch New Clear Advantage, Kamis, 4 November 2021.

Selain itu ada tiga tanda yang memperlihatkan bahwa wiper sudah tak bekerja baik dan harus segera diganti. Pertama saat sapuan wiper menyisakan garis air di bagian tengah atau ujung atas dan bawah kaca mobil.

Kedua terdengar suara gesekan pada kaca ketika wiper bekerja. Kemudian yang ketiga meninggalkan jejak embun atau kabut pada kaca mobil. Bahkan wiper yang sudah sangat parah kondisinya dapat menggores kaca mobil.

Berita Terkait
hitlog-analytic