Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ananda Mikola: Sirkuit Sentul jadi Perumahan Jelas Lebih Menguntungkan

Sirkuit Sentul
Sumber :

100kpj – Jika membicarakan tentang dunia balap di Indonesia, tentunya tidak bisa lepas dari Sirkuit Sentul. Yup, Sentul adalah sirkuit yang sangat fenomenal di Tanah Air. Di sana beberapa kali digelar event bergengsi dunia, baik balap motor maupun balap mobil.

Sirkuit Internasional Sentul adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di desa Sentul, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Sirkuit Sentul, punya trek sepanjang 3,9 kilometer (kini 4,2 kilometer), awalnya dibangun atas visi putra bungsu Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto selaku Ketua Umum PB Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Tinton Soeprapto dan Tunky Ariwibowo serta dukungan pemerintah. 

Sirkuit Sentul

Dalam perjalanan sejarahnya beberapa event bergengsi sukses digelar di sirkuit seperti, Asian Formula 3 Super Series, A1 Grand Prix selama dua musim (2005-2006 dan 2006-2007), Asia Road Racing Championship, dan yang paling fenomenal adalah MotoGP pernah mampir di sirkuit Sentul selama dua musim yakni tahun 1996 dan 1997.

Seiring perkembangan zaman, sirkuit Sentul saat ini sulit bersaing dengan sirkuit-sirkuit di negara lain.

Bahkan, diajang balap motor internasional seperti Asia Road Racing Championhip memutuskan untuk tidak memakai sirkuit Sentul lagi, sejak ajang balap motor paling bergengsi di Asia itu membuka kelas baru yakni Asia Superbika 1000 (ASB1000), karena dianggap tidak layak.

Berita Terkait
hitlog-analytic