Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Rumit dan Canggih, Harga Setir Mobil F1 Setara 4 Unit Xpander

Setir Mobil F1
Sumber :

100kpj – Berbeda dengan mobil pada umumnya, Formula-1 atau F1 memang dirancang untuk balapan. Itulah mengapa, komponen yang terpasang di kendaraan terkesan rumit dan eksklusif. Salah satunya bagian kemudi yang bentuknya menyerupai console controller dengan banyak tombol.

Dilansir dari The Sun, Jumat 15 Mei 2020, tingkat kerumitan setir mobil F1 mungkin setara dengan gadget. Bukan hanya tombol, di bagian tengah terpasang layar interaktif yang memuat informasi seputar kendaraan dan situasi balapan terkini. Sedang di bagian lain terdapat tuas, saklar, dan tombol putar dengan fungsinya yang beragam.

Baca juga: Rumitnya Tombol-tombol di Kemudi F1, Apa Saja Fungsinya?

Setidaknya ada puluhan kontrol interaktif yang membuat pembalap mampu mengontrol penuh mobil selama berjalannya perlombaan. Pada mobil F1, hampir setiap hal teknis bisa diatur menggunakan setir sesuai kebutuhan, mulai dari memperlambat dan mempercepat proses pengeraman, menyetel keseimbangan, pengatur torsi, hingga pemetaan pedal.

formula-1

Sejauh ini, ada beberapa material yang umum digunakan pada setir mobil F1, namun kebanyakan berasal dari serat karbon, fiberglass, silikon, dan juga titanium. Bahkan, Mercedes mengaku memulainya dari nol untuk mencari desain ergonomis termasuk tata letak tombol yang disesuaikan dengan bentuk tangan pembalap.

Merek asal Jerman itu juga mengatakan, setiap pembalap memiliki tiga atau empat setir setiap musim. Konstruksi setir dibicarakan antara pembalap, desainer mekanis dan kelistrikan, serta menghabiskan setidaknya 80 jam kerja untuk merakitnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic