Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Aturan Baru MotoGP Setelah Diambil Alih F1, Yakin Masih Seru?

MotoGP Qatar 2024
Sumber :

100kpj - Sejak saham Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP sebagian besar sudah diambil alih Liberty Media yang biasa menggelar Formula One (F1), ada sejumlah regulasi baru yang akan mengubah balap motor tersebut.

Aturan baru itu akan direalisasikan pada 2027 dengan perubahan besar-besaran, salah satunya menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih kecil. Sehingga tidak ada yang spesial dari motor MotoGP, karena dibuat serupa seperti produksi massal yang beredar di jalan raya.

Berikut daftar aturan barunya yang dirangkum dari sejumlah sumber, termasuk MotoGP.com, dan Crash, dikutip, Selasa 7 Mei 2024.

1. Mesin dan BBM

Kapasitas mesin motor MotoGP akan dipangkas pada 2027, dari 1000cc menjadi 850cc. Tentu korelasinya secara tenaga menurun, namun lebih efisien bahan bakar untuk meningkatkan jarak tempuhnya dengan kondisi tangki yang menyusut.

Saat ini daya tampung tangki motor 22 liter, nanti akan menjadi 20 liter, dan 11 liter akan digunakan untuk sprint race. Artinya perkembangan teknologi, memaksa motor di ajang adu kebut itu tetap melesat kencang, tapi hemat bahan bakar.

Mengingat kapasitas mesin menurun, maka sejalan dengan perubahan diameter silinder dari 81 mili meter, menjadi 75 mm. Hal ini membuat mesin lebih relevan di jalan raya, bukan hanya khusus di sirkuit, sekaligus memastikan mesin tetap mempertahankan karakteristiknya.

Berita Terkait
hitlog-analytic