Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Rumitnya Tombol-tombol di Kemudi F1, Apa Saja Fungsinya?

Setir Mobil F1
Sumber :

100kpj – Berbeda dengan mobil pada umumnya, Formula-1 atau F1 dirancang khusus untuk balapan. Itulah mengapa, secara tampilan, spesifikasi mesin, serta komponen penunjang lainnya dihadirkan berbeda dan terkesan eksklusif.

Salah satu bagian yang kerap menjadi sorotan saat balapan tersiar di televisi, ialah perangkat kendali atau setir. Bukan bundar, bentuk kemudi mobil F1 lebih menyerupai console controller dengan banyak tombol di permukaan depan. 

Baca juga: Kenapa Motor MotoGP Enggak Tergelincir Meski Pakai Ban Gundul?

Dengan demikian, fungsi setir mobil F1 bukan hanya untuk mengendalikan roda, melainkan ada fungsi lain yang menuntut pembalap pintar-pintar memainkan opsinya. Sebab jika salah, bisa-bisa kendaraan hilang kendali atau mengalami penurunan kecepatan.

Saat F1 mulai memasuki musim balap 2018, laman The Sun pernah membedah tampilan serta fungsi tombol yang tertanam di konsol kendali mobil. Tak main-main, jumlahnya ada belasan hingga puluhan. Hal itu memaksa pembalap memiliki kemampuan ekstra untuk mengingat dan bereaksi saat situasi spontan.

Baca juga: Usai Balapan, Rem Cakram Motor MotoGP Ternyata Sepanas 800 Derajat

Tombol-tombol kecil itu masing-masing berfungsi untuk memperlambat dan mempercepat proses pengeraman, menyetel keseimbangan, pengatur torsi, pemetaan pedal, sinyal darurat, serta tombol lain untuk memantau kondisi terkini kendaraan. Biar tak penasaran lagi, berikut kami rangkum fungsi lengkapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic