Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sirkuit Baru Formula E Tetap Suguhkan Ikonik Jakarta

Formula E
Sumber :

100kpj – Drama penolakan Monas sebagai area penyelenggaraan Formula E sudah menemukan titik terang, balapan yang tinggal beberapa bulan lagi digelar di Jakarta ini akhirnya berencana untuk mencari lokasi baru.

Awalnya dipilihnya Monas sebagai area penyelenggaraan Formula E itu karena Monas adalah ikon Jakarta dan Indonesia, layaknya menara Eiffel di Paris Monas itu simbol kota, makanya penyelenggara Jakarta E-Prix akan membawa Monas ke pentas balapan dunia.

“Namun karena Komisi Pengarah tidak mengizinkan, kami menghormati keputusan itu. Jauh sebelumnya sudah dipersiapkan alternatif-alternatif lokasi, kami tengah mendalami untuk pilihan terbaik," ungkap Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang dikutip dari Vivanews.

Seperti diketahui bahwa Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, tidak mengizinkan penyelenggaraan balapan Fomula E yang semula akan diselenggarakan di kawasan Monas, dengan adanya keputusan tersebut panitia penyelenggara akan mencari beberapa tempat untuk dijadikan pengganti.

"Kami sebagai organizing committee Formula E Jakarta sudah mempersiapkan lokasi pengganti dari Monas yang memenuhi kriteria sebagai ikon Jakarta dan Indonesia," ujar Dwi. 

Lebih lanjut Dwi menjelaskan lokasi baru tersebut tentunya akan mempertimbangkan masukan dari pemerintah pusat, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menyukseskan balapan mobil ramah lingkungan ini di Jakarta. 

Pasalnya penyelenggaraan Formula E dilakukan sesuai dengan semangat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Jakarta Langit Biru di 2030 yang dituangkan dalam Instruksi Gubernur No 66 tahun 2018 dan Perpres 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. 

Berita Terkait
hitlog-analytic