Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fakta Menarik, Ternyata Julukan Kawasaki Ninja Tak Lahir di Jepang

Kawasaki Ninja 250 SL edisi terbaru.
Sumber :

100kpj – Ada catatan menarik terkait dengan sejarah motor Kawasaki Ninja yang hingga saat ini tetap eksis dan menjadi pilihan penggila sepeda motor di belahan dunia manapun. Pabrikan motor merek Kawasaki memang lahir di Jepang. Begitu juga dengan sosok Ninja atau Shinobi yang memang lahir dan sangat identik dengan Jepang.

Namun ternyata, sebutan Ninja untuk produk motor-motor Kawasaki justru tak berasal dari negara asalnya, Jepang. Ya, sejarah awal pemberian nama Ninja untuk motor-motor sport Kawasaki justru lahir di Amerika Utara, tepatnya pada tahun 1984.

Dari berbagai sumber yang redaksi himpun, lahirnya motor Ninja saat itu berawal dari motor legendarisnya GPZ900R yang dipasarkan di Amerika Utara. Saat itu, pihak Kawasaki Amerika Utara menganggap sebutan GPZ900R terlalu rumit dan tidak menjual.

Kawasaki GPZ900R

Foto: GPZ900R

Dengan alasan itu, maka mereka menambahkan embel-embel kata Ninja. Jadilah Ninja 900 panggilan resmi untuk GPZ900R di Amerika Utara. Ada pula yang memberikan nama dengan ZX900 untuk beberapa negara yang memasarkan motor legendaris ini.

Ternyata, sebutan Ninja tersebut memberikan efek domino sehingga menjadikan GPZ900R sangat populer. Bahkan Ninja 900 andalan Kawasaki ini sempat menorehkan masa keemasan pada tahun 1980-an. Sejak itu, Kawasaki secara global selalu menempelkan julukan Ninja untuk motor-motor sport barunya. Lebih menjual dan dikenal tentunya.

Kawasaki GPZ900R

Foto: GPZ900R

Popularitas Ninja juga tak terbendung di Indonesia. Tentu yang paling legendaris adalah Ninja 150 2 tak yang hingga saat ini ternyata masih menjadi buruan di pasar motor bekas tanah air.

Dan tak dipungkiri jika motor-motor bergenre sport yang saat ini dimasukkan dalam keluarga besar Ninja selalu sukses mencuri perhatian meski dihadirkan dengan berbagai pilihan mesin yang berbeda.

Baca juga:

Berita Terkait
hitlog-analytic