Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cuma Satu Bulan Sebanyak Ini Orang yang Beli Motor Matik di Indonesia

Mengendarai motor matik
Sumber :

100kpj – Di Indonesia ada banyak jenis motor yang beredar di pasaran, diantaranya matik atau skutik, naked bike, sport fairing, moped atau bebek, underbone, trail, dan retro atau model klasik lainnya yang kini menjadi tren.

Dari sekian banyak jenis motor yang ada, model matik masih menjadi primadona dari tahun ke tahun. Motor yang pengoprasiannya tanpa perlu memindahkan gigi tersebut menjadi penyumbang terbesar penjualan.

Honda Scoopy dan Vario jadi yang terlaris di IMOS 2022

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, atau AISI, penjualan motor Agustus 2023 tertinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, yaitu 534.379 unit, naik 12,3 persen dari Juli 2023, yaitu 475.428 unit. 

Pencapaian tersebut disumbang dari keempat brand yang menjadi anggota asosiasi tersebut, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS. Dari semua jenis motor yang ada, matik menjadi tulang punggung penjualan.

Bahkan motor matik hampir mendominasi pasar, denan kontribusi sebesar 89,64 persen, artinya sekitar 470 ribuan motor matik dibeli orang RI hanya dalam waktu satu bulan. 

Honda sebagai merek terlaris di Indonesia punya beberapa matik, seperti Genio, BeAT, Scoopy, Vario 125, Vario 160, PCX 160, ADV 160, hingga Forza 250. Secara model lebih sedikit dari Yamaha yang tidak lagi bermain di kelas 110cc.

Berita Terkait
hitlog-analytic