Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Cuma Mobil, Ini Daftar Motor Hidrogen ada Yamaha, Kawasaki, Hingga TVS

Daftar motor hidrogen
Sumber :

100kpj – Hidrogen menjadi salah satu alternatif energi terbarukan agar lebih ramah lingkungan. Secara global uap air tersebut bukan hanya dimanfaatkan pada mobil penumpang, namun ada juga beberapa motor hidrogen.

Sejumlah brand raksasa mulai memperkenalkan motor hidrogen di hadapan publik dalam periode 2022-2023, diantaranya ada Kawasaki Ninja H2 HySE, Yamaha Research Scooter, Suzuki, TVS, dan XCELL asal China.

Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki Kembangkan Motor Hidrogen

Merangkum dari beberapa sumber, motor ramah lingkungan Yamaha itu mirip Zuma 125 yang dimodifikasi, pertama kali dipamerkan pada ajang Japan Mobility Show 2023. Terdapat tabung dibagian belakang motor untuk menampung zat air tersebut.

Motor matik besutan garpu tala itu merupakan salah satu penilitian yang masuk dalam payung HySE, atau Hydrogen Small Mobility & Engine Technology, atau bentuk kerjasama Honda, Yamaha, dan Kawasaki dalam mengembangkan motor hidrogen di masa depan.

Yamaha tetap menggunakan basik mesin berbahan bakar, yaitu 125cc satu silinder injeksi, atau Blue Core dengan SOHC empat katup. Enjin itu punya kompresi ruang bakar 11,2 banding satu, dan ditenagai oleh hidrogen sebagai pengganti bahan bakar minyak, atau BBM.

Sedangkan Kawasaki memilih motor sportnya untuk dikembangkan menjadi ramah lingkungan, pertama kali dihadirkan pada Desember 2023, secara bentuk mirip Ninja H2 SC Touring sebagai hyper sport touring.

Berita Terkait
hitlog-analytic