Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Intip Ubahan Ekstrem Mesin NMAX Terbaru, Mirip-mirip Jantung XSR 155

Yamaha NMAX TERBARU
Sumber :

100kpj – Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan All New Yamaha NMAX melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsennya. NMAX terbaru hadir dengan perubahan signifikan.

Salah satu yang menarik perhatian pada NMAX edisi 2020 tersebut adalah jantung pacunya. Kini skuter pesaing Honda PCX tersebut mengadopsi mesin Aerox 155, namun ada sejumlah perubahan agar tenaga yang dihasilkan lebih besar.

Pabrikan motor berlogo Garpu Tala itu meningkatkan kompresi mesin dengan menyuntikan piston milik R15, dan disesuaikan dengan mengubah katup serta intake jadi lebih besar. Kompresi pun meningkat jadi 11,6 banding satu.

Yamaha NMAX TERBARU

Cukup padat untuk sekelas matik 155cc, bahkan terbilang ekstrem. Biasanya kompresi mesin yang sudah menyentuh angka 11 diterapkan untuk balap pemula, atau sekelas motor sport bertransmisi manual seperti halnya XSR 155.

XSR 155 yang baru diluncurkan oleh PT YIMM ternyata memiliki persamaan dengan mesin NMAX edisi 2020. Pasalnya naked bike bergaya klasik tersebut juga mengadopsi mesin berkapasitas 155cc dengan kompresi 11,6 banding satu.

Selain itu, NMAX terbaru dan XSR 155 sama-sama memiliki diameter piston 58 mili meter serupa dengan piston R15 atau Honda Sonic 150. Untuk langkahnya atau bergeraknya stroke (setang seher) juga mirip, yakni 58,7 mm.

Berita Terkait
hitlog-analytic