Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Heboh Seruan Boikot Produk, Prancis Membalas dengan Boikot Esemka?

Pikap Esemka Bima
Sumber :

100kpj – Presiden Prancis, Emmanuel Macron sedang menjadi sorotan dunia, hal itu karena pernyataan dirinya yang mendukung kebebasan berekspresi kartun Nabi Muhammad SAW yang ada di negaranya.

Akibatnya pernyataan tersebut menjadi bola panas, terutama di negara-negara yang masyarakatnya menganut agama Islam. Seperti Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Dia menyebut, bahwa kesehatan mental Macron perlu diperiksa.

Aksi protes juga dilakukan oleh masyarakat muslim di negara Turki, Bangladesh, Yordania, Malaysia dan Indonesia, dengan melakukan demonstrasi besar-besaran agar umat Islam melakukan boikot. Sejumlah supermarket di beberapa negara juga telah mengosongkan poduk-produk asal Perancis.

Nah, di dunia otomotif ada produk-produk Prancis yang beredar di Indonesia seperti produk mobil dan ban sepeda motor dan ban mobil, oli mesin sepeda motor dan mobil. Uniknya, ketika seruan boikot tersebut begitu kencang beredar postingan dari akun Facebook Rijon Harahap berupa narasi yang berisikan klaim, bahwa negara Prancis boikot produk mobil Esemka. 

Mobil Esemka

“Akibat Masyarakat Memboikot Produk Prancis… Prancis pun membalas memboikot produk Mobil Esemka…” begitu tulisan pada postingannya.

Berdasarkan penelusuran yang dilansir turnbackhoax.id yang juga diberitakan Viva, tidak ditemukan bukti yang valid untuk membuktikan klaim tersebut. Menurut artikel "Eh Ada Mobil Esemka Naik Kapal Laut, Mau Ekspor?" pada 24 Agustus 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic