Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Singgung Esemka, Indonesia Belum Bisa Bikin Mobil

Mobil listrik Esemka Bima EV
Sumber :

100kpj – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla singgung kondisi industri otomotif Indonesia yang hanya menjadi penonton, karena sejumlah negara sudah memiliki mobil sendiri, tidak seperti Esemka.

Esemka yang pernah hadir pada 2012 lalu sampai saat ini masih dipertanyakan originalitasnya sebagai mobil buatan anak bangsa. Karena beberapa modelnya serupa dengan mobil China dengan merek lain.

Wapres Jusuf Kalla di GIIAs 2019.

Artinya PT Solo Manufaktur Kreasi hanya branding ulang, serta ditacap sedikit agar terlihat seakan-akan mobil Esemka memang murni dibuat oleh orang Indonesia, dengan memanfaatkan pabriknya di kawasan Solo.

Salah satunya adalah produk pertama mereka, yaitu Esemka Bima yang ternyata secara bentuk sama dengan Changan Star Truck. Selain itu yang terbaru ada mobil listrik minibus konsep, yaitu Bima EV dan lagi-lagi sama dengan mobil China, yaitu Shineray X30LEV. 

Jusuf Kalla yang merupakan salah satu orang berpengaruh hadirnya Toyota di Indonesia menyebut, perlu kejasama yang baik dengan semangat antara pengusaha, dan anak muda mengasah kemampuan sendiri. 

“Jadi jangan hanya bicara saja. Mobil tuh bisa ambil teknologi luar, tapi kita melaksanakannya, tapi tidak bohong-bohong,” ujar JK sapaan akrabnya dihadapan wartawan di Global Economic Challenges di Universitas Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic