Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengikuti Jejak VinFast, Presiden Jokowi Lobi Vietnam Bikin Mobil Listrik Bareng

Mobil sedan buatan VinFast Vietnam
Sumber :

100kpj – Vietnam menjadi salah satu negara di Asean yang berhasil membuat mobil nasional, yang diberi nama VinFast. Bahkan rekam jejak produknya tersebut mencuri perhatian Indonesia, terutama Peresiden Jokowi.

Baru-baru ini, Jokowi bertemu langsung dengan orang nomor satu di Vietnam, atau Perdana Menteri Pham Minh Chinch di Istana Merdeka, Jakarta. Tujuannya melalukan lobi agar terjalin kerjasama untuk bikin mobil listrik.

Mobil Vinfast

Presiden RI ditemani dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.  

“Kedua pemimpin menyambut baik pengembangan ekosistem kendaraan listrik oleh swasta, dan mendorong kerja sama BUMN kedua negara,” ujar Menlu, dikutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Kamis 7 September 2023.

Indonesia sebagai negara yang memiliki cadangan nikel, dan kobalt terbesar di dunia menjadi potensi besar bagi ekosistem kendaraan listrik, karena kedua bahan baku itu beperan penting dalam pembuatan baterai.

Menurut Retno, menjalin kerja sama dengan Vietnam bisa membuat industri otomotif dalam negeri akan tumbuh, terutama pada sektor kendaraan listrik. Sehingga ekspor kendaraan listrik akan meningkat tajam.

Berita Terkait
hitlog-analytic