Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bus Tayo Bakal Berseliweran di Jalanan Tangerang

Bus Tayo
Sumber :

100kpj – Seri animasi bus berwarna biru atau yang dikenal sebagai Tayo, sudah tak asing lagi di Indonesia walaupun sebagai tontonan anak kecil. Namun, ternyata Hino membuat bus mirip karakter kartun tersebut dan sudah laku 20 unit.

Bus Tayo tersebut menjadi salah satu produk yang ikut tampil di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle atau GIICOMVEC 2020, tepatnya di stan merek Hino. Tampilan eksteriornya ,menggunakan laburan cat biru dengan kombinasi warna putih, serta diberi hiasan di bagian atapnya.

Wajah bus ini didesain menyerupai sosok animas Tayo, dengan lampu utama berdesain bulat, serta sein di bawahnya.Untuk penguat identitas, sisi kiri dan kanan bodinya terdapat tulisan 'Tayo' yang ternyata merupakan singkatan dari 'Trans Tangerang Ayo'.



Seperti bus perkotaan lainya, kabin Tayo terlihat sederhana. Ada bangku berhadapan warna biru di sisi kiri dan kanan, serta jok penumpang di belakang. Untuk memaksimalkan daya angkut, ada pegangan tangan dengan logo Tayo untuk penumpang yang berdiri.

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Hino Motor Sales Indonesia, Sartiko Wardoyo mengatakan, bus tersebut merupakan pemesanan khusus untuk moda transportasi perkotaan di wilayah Tangerang. Tayo versi lokal itu dibangun menggunakan sasis medium bus enam roda Hino FB 130.

"Tayo ini sebenarnya merupakan inisiatif Walikota Tangerang (Arief R. Wismansyah), lalu kami fasilitasi menggunakan sasis medium bus dengan desain seperti ini," ujarnya disela acara GIICOMVEC di JCC, Senayan, Jakarta.

Sasisnya memang sasis bus, jenis medium bus. Tayo ini permintaan dari Pak Arief (Walikota Tangerang). Tayo ini karyanya dia, sediakan sasis aja," lanjutnya.



Bus Tayo ini berkapasitas 27 tempat duduk dan 13 penumpang berdiri. Dapur pacunya, bus ini disematkan mesin 4 langkah segaris dengan turbocharger intercooler.

Dari data yang dilansir Hino, mesin mampu mengeluarkan tenaga 130 PS pada 2.500 rpm dan torsi maksimum 294 Nm pada 1.800 rpm. Untuk perpindahan gearbox Hino FB 130 menggunakan transmisi M5550 yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Untuk sasis cukup dirancang khusus untuk kenyamanan penumpang dengan menempatkan mesin di bagian depan. Kemudian dilengkapi dengan suspensi double acting shock absorber dan stabilizer, yang diklaim lebih stabil saat berbelok.

Berita Terkait
hitlog-analytic