Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap-siap Dapat Denda Besar Jika Berhenti di Bahu Jalan Tol

Jalan tol dalam kota.
Sumber :

100kpj – Bahu jalan berfungsi untuk berhenti saat keadaan darurat atau untuk menghindar apabila terjadi kecelakaan. Selain itu bahu jalan juga digunakan untuk ambulance, pemadam kebakaran dan polisi untuk menjalankan tugasnya dalam kondisi darurat. 

Jadi tidak semua kendaraan boleh berhenti di bahu jalan tol apalagi berhenti di bahu jalan hanya untuk beristirahat atau berhenti untuk buang air kecil, sebab jika hal tersebut dilakukan siap-siap saja akan didatangi petugas kena denda.

Di Inggris sedang marak pengemudi mobil berhenti di bahu jalan tol hanya untuk membuang air kecil atau menelepon, bahkan menurut penelitian dari Select Car Leasing yang dikutip dari The Sun menyebutkan bahwa satu dar 10 pengemudi mengaku berhenti di jalan tol untuk pergi ke toilet dan sekitar 20 persen warga London telah berhenti di bahu jalan hanya untuk buang air.

Selain itu lebih dari 100 orang tewas atau terluka parah akibat terjadi kecelakaan karena menambrak mobil yang sedang berhenti di bahu jalan. Direktur Perusahaan Select Car Leasing, James O'Malley menjelaskan bahwa bahu jalan tol bukan tempat yang aman, dengan kecelakaan yang tak terhitung terjadi di sana setiap tahun, dan banyak dari mereka yang terbukti mengalami kecelakaan fatal.

"Jadi jika pengemudi mobil berhenti di bahu jalan bukan karena keadaan darurat, atau alasan klasik seperti buang air kecil, maka pengendara tersebut dan pengguna jalan lain dalam bahaya besar," tambah James.

Sesuai aturan 270 dari Highway Code yang berlaku di Inggris, pengemudi mobil boleh berhenti di bahu jalan tol dalam keadaan darurat atau ketika disuruh polisi atau petugas lalu lintas berseragam.

Jika pemilik mobil tetap melakukan hal tersebut tanpa alasan darurat, maka akan dikenakan denda sebesar £ 100, sedangkan jika karena pengemudi mobil berhenti di bahu jalan tol dan mengakibatkan kecelakaan, maka dendanya sebesar 5.000 poundsterling.

Berita Terkait
hitlog-analytic