Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Diprediksi 200 Juta Orang Mudik Saat Lebaran 2024, Ini Cara Polisi Urai Kemacetan

Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :

100kpj – Mudik menjadi tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri, atau lebaran. Berbagai alat transportasi digunakan untuk pulang ke kampung halaman, namun dari tahun ke tahun kendaraan pribadi mendominasi.

Untuk mudik lebaran 2024, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi, Aan Suhanan memprediksi ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana jumlah pemudik mencapai 200 juta orang.

“Kami memprediksi animo masyarakat memanfaatkan mudik, dan wisata saat libur lebaran 2024 mengalami kenaikkan di atas 6 persen dibandingkan tahun lalu,” ujar Irjen Pol Aan kepada wartawan, dikutip, Selasa 27 Februari 2024.

Sedangkan tahun lalu jumlah pemudik 187 orang, adanya peningkatan di tahun ini maka sejumlah persiapan dilakukan pemerintah, bersama instansi terkait, baik membuka tol baru, atau merekayasa lalu lintas.

Korlantas Polri juga telah melakukan survey jalur kesiapan Operasi Ketupat Candi (OKC) tahun ini di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, kemarin Senin 26 Februari. Salah satu yang dievaluasi adalah penggunaan rest area.

“Arus mudik bukan permasalah baru, tapi tidak bisa dilakukan sekadar saja. Misalnya pengelolaan rest area harus terus dievaluasi supaya tidak menimbulkan kemacetan,” tuturnya.

Terkait sumber kemacetan yang kerap terjadi saat mudik, polisi bintang dua itu menyoroti truk sumbu tiga, padatnya rest area atau gerbang tol, adanya masalah kendaraan, dan jadwal libur lebaran.

Berita Terkait
hitlog-analytic