Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Hanya Outlander, Nissan Leaf Juga Bisa Jadi Genset Rumah

Nissan Leaf Terbaru di IEMS 2019
Sumber :

100kpj – Demi mengurangi polusi udara yang dihasilkan emisi dari mesin kendaraan berbahan bakar, sejumlah pabrikan berlomba-lomba membuat kendaraan listrik. Sebab mobil atau motor pelahap seterum tidak menghasilkan emisi.

Selain membantu mengurangi polusi, ternyata beberapa kendaraan listrik bisa dijadikan genset untuk rumah. Seperti Nissan Leaf yang dapat menyalakan perabotan elektronik di rumah saat listrik padam, dan waktunya cukup lama.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi mengatakan, di Tokyo baru-baru ini dihantam angin topan, beberapa daerah padam listrik. Dan Leaf menjadi sumber energi listrik utamanya untuk rumah setempat.

“Kalau Anda punya Leaf di rumah, dalam keadaan baterai penuh full charger. Bisa empat hari (Leaf) sebagai sumber listrik. Di Jepang 7.000 rumah yang punya Leaf, terkoneksi dari mobil untuk daya listrik rumah,” ujarnya di Karawang, Jawa Barat.

Sementara Senior Manager Research and Development PT NMI, Jauhari Adzannis menyebut, fungsi Leaf bukan sekadar kendaraan untuk mobilitas, tapi bisa dijadikan sumber kelistrikan rumah. Caranya dengan mengkoneksikan charging unitnya.

“Charging unit ini berfungsi sebagai pengisian daya baterai di mobil, dan sebaliknya jadi sumber listrik. Alat ini diinstal di rumah. Outputnya sesuai dengan kapasitas baterai Leaf 40 kWh, kalau rumah 1.300 watt bisa untuk empat hari,” katanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic