Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Listrik Paling Banyak Dibeli di Awal 2023, Bukan Wuling Air ev

Wuling Air ev
Sumber :

100kpj – Sepanjang 2022 Wuling Air ev menjadi mobil listrik pendatang baru yang paling banyak dibeli orang Indonesia. Namun di awal 2023, Air ev bukan lagi menjadi mobil pelahap seterum paling laku, lalu siapa dong?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan Wuling Air ev dari pabrik ke diler alias wholesales di Januari tahun ini hanya 35 unit yang disumbang dari varian tertinggi.

Untuk tipe terendah tidak ada data penjualan alias kosong. Seperti diketahui, Air ev ditawarkan 2 varian, yaitu Standard Range dengan harga Rp243 juta, dan Long Range Rp299,500 juta on the road. 

Meski mengalami kenaikkan harga di tahun ini, namun posisinya tetap menjadi mobil listrik paling murah, dibandingkan pesaingnya yang masih impor, atau rakitan lokal.

Dipersenjatai baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh 200 kilometer, dan tipe Long Range berdaya 26,7 kWh sehingga bisa berjalan hingga 300 km.

Memasuki tahun ini, ternyata Hyundai Ioniq 5 kembali menunjukkan tajinya. Mobil listrik yang pertama kali dirakit lokal itu berhasil mencatatkan angka penjualan dari pabrik ke diler di bulan lalu mencapai 234 unit.

Hyundai Ioniq 5 Signature Extended menjadi penyumbang terbesar dengan angka 194 unit. Sepertinya, pendistribusian unit mobil listrik berlogo H miring itu tetap stabil, karena memenuhi permintaan konsumen yang inden.

Berita Terkait
hitlog-analytic