Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Benarkah Esemka Itu Mobil China yang Cuma Ganti Logo, Ini Kata Bos SMK

Esemka Garuda 1
Sumber :

100kpj – Merek mobil Esemka terus menjadi perbincangan menarik sejak beberapa tahun belakang. Sebab produknya selalu menjadi misteri. Meski gembar-gembor sudah berlangsung lama, namun tak kunjung tiba.

Ppenampakan produk-produknya sebenarnya telah bermunculan sejak dua tahun lalu. Ada dua produk yang fotonya ramai jadi perbincangan warganet, karena desainnya mirip mobil China.

Mobil pertama, adalah Esemka Garuda 1. Mobil berjenis Sport Utility Vehicle tersebut tertangkap kamera sedang diangkut towing. Pada bagian bokong tertulis Garuda 1, namun desain lampu, bumper hingga bagasi mirip Foday Landford.

Selang beberapa waktu kemudian, muncul lagi mobil kabin ganda yang digadang-gadang lahir berkat tangan dingin anak bangsa. Mobil pengangkut barang itu bernama Esemka Digdaya. Foto-fotonya juga kemudian beredar luas, berlokasi di pabrik dan pelataran rumah.

Bentuk mobil pikap yang dapat mengangkut empat orang penumpang itu lagi-lagi serupa dengan Foday Xiongshi F22. Hingga publik kemudian menyimpulkan kalau Esemka cuma mobil China yang sekadar ganti logo saja.

Menanggapi stigma itu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang didaulat sebagai pabrikan dan produsen Esemka akhirnya angkat bicara.

Berita Terkait
hitlog-analytic